2010/08/17

Menu Sahur Yang Sehat dan Lezat

Kali ini Postingan Waras~ :D
Telah beberapa hari kita menghadapi bulan puasa, salah satu tips sukses (dalam artian kecil nggak batal) salah satunya adalah makan sahur. Well, sahur juga merupakan faktor penting, bayangin aja kalo puasa nggak sahur? Siang-siang udah kayak apaan aja ngeluh-ngeluh kelaperan (nyata, saya pernah ngalamin loh! *gapenting*)  

Apa yang dibutuhkan saat sahur? 4 sehat 5 sempurna kah?  Hayoo.. kalo sahur makan apa? Jangan-jangan cuman mie instan lagi XD *ditendang*

Inilah sedikit tips untuk sahur! Kalo ngaco jangan salahkan saya karena saya cuman nyontek kertas dari tukang ceramah masjid! *plakplakplak*



Pengganti sarapan: Santap sahur pada prinsipnya merupakan pengganti sarapan. Karena itu sangat penting dan tak boleh dilewatkan terlebih sepanjang hari tak ada makanan dan cairan yang bisa dikonsumsi. Karena itu menu sahur harus memiliki kecukupan nutrisi juga cairan. Menu komplet bisa berupa sumber karbohidrat seperti nasi, kentang atau mi dengan tambahan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) dan protein hewani (daging, unggas,seafood). Yang tak boleh tertinggal sayuran dan buah-buahan segar. Jika suka bisa ditambahkan susu kedelai, susu skim atau susu segar sebagai pelengkapnya.

Variasi Menu: Sumber nutrisi yang diperlukan tubuh tak harus diwujudkan dalam nasi plus lauk-pauk. Bisa berupa mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap. Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran. Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, serat dan mineral sebaiknya tambahkan selalu sayuran dan buah segar. Buah segar bisa dimakan sebagai buah potong atau buat jus bersama yoghurt atau susu atau jus segar tanpa tambahan gula. Agar kerja lambung tidak terlampau berat yang bisa berakibat badan lemas dan mengantuk, hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan. Kurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin.

Segar dan Hangat: Karena santap sahur dilakukan pada pagi buta, sebaiknya rangsang selera makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar. Untuk makanan yang memakai sayuran segar, sajikan sesaat akan disantap agar sayuran masih renyah dan kandungan vitamin serta mineralnya tetap awet. Demikian juga dengan buah-buahan segar. Untuk nasi dan lauk-pauk, sajikan dalam keadaan hangat atau panas agar lebih enak dan menarik selera makan.

Nah, bagaimana dengan kalian teman-teman? (sokenal banget sih?) Apakah menu sahur kalian sehat dan nikmat? kayak saya dong.. saya sahur yang penting kenyang hihi, ya enggak lah, bisa-bisa kaa-san ngamuk kalo kayak gitu, benar-benar merepotkan! *dibakar*
Yosh, semoga postingan waras ini bermanfaat buat kalian semuaa XDD Sekian, dan terimakasih! :)
  

4 comments:

  1. hahaha...masa mi instan doang sih,ga lah!
    yup benar itu pengganti sarapan...
    kakcipa kalo sahur makannya...mmmm...nasi,lauk, buah, susu.....,vitamin.....lebih lengkap daripada makan biasa deng.

    betul tuh variasi!
    ya dong...saya juga sahurnya sehat gituloks!! walaupun siangnya tetep laperz dan aus!

    ReplyDelete
  2. Waaah~~ Nee malah makan mi melulu... XD *contohgakbaik*
    Setuju! Variasi!
    Kayak telur goreng cokelat, nasi goreng cokelat... XDDD *dibunuh*

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.