2010/04/09

Istilah istilah di FFN~

Di postingan sebelumnya udah saya kasih tau tentang FFn kan? itu loh situs yang ber-url www.fanfiction.net  Yaudah deh buka aja Postingan saya sebelumnya! Nah sekarang saya akan membagikan istilah2 dalam FFn! Ok? Baca aja Yuukk...




1. Disclaimer: Suatu pernyataan yang tidak mengakui suatu anime sebagai miliknya. Contoh disclaimer adalah:
Diclaimer: Bleach belong to Tite Kubo, One Piece © Eichiro Oda, Cardcaptor Sakura punya CLAMP, dsb.

Sangat wajib untuk dicantumkan apabila kita menulis fanfic

2. OOC (Out of Character): Tokoh anime yang karakternya diluar karakter asli, misal Ichigo dalam anime Bleach memiliki sifat pemberani, maka apabila OOC sifatnya dapat penakut, pecundang, dsb.

3. OC (Original Character): Tokoh (tambahan) asli rekaan author yang tidak ada dalam anime/manga yang sesungguhnya.

4. AU (Another Universal): Setting cerita yang berbeda dengan anime/manga sesungguhnya. Misal dalam Bleach menceritakan tentang shinigami, maka apabila AU setting-nya dapat kehidupan biasa.

5.OC (Original Character): Tokoh (tambahan) asli rekaan author yang tidak ada dalam anime/manga yang sesungguhnya.

6. Bash: Semacam pernyataan ketidaksukaan terhadap karakter. Contoh: “Kalau aku yang punya Bleach, Hinamori bakalan mati di tangan Aizen.” Ataupun tulisan peringatan terhadap fanfic-nya dari seorang author jika authornya menganggap fanfic tersebut akan mendapat flame. Contoh: “Don’t Like Don’t Read!”

7. Review: Umpan balik ataupun tulisan yang berisi tanggapan, saran, kritik, ataupun flame yang ditujukan pada sebuah fanfic. Para author maupun pembaca biasa meninggalkan review setelah membaca sebuah fanfic.

8. Flame: Kritik pedas yang mencela sebuah fanfic. Kebanyakan flame memang membangun, tetapi penyampaiannya kurang halus sehingga membuat seorang author merasa sedih. Flame hanya disampaikan oleh seorang flamer, flamer sendiri tidak pernah membuat fanfic.

9. WB (Writer’s Block): Suatu hal/kendala yang menjadikan author tidak dapat melanjutkan cerita.

10. Hiatus: Cuti sementara dari keaktifan menulis maupun me-review fanfic-fanfic. Biasanya jangka waktu hiatus adalah beberapa minggu/bulan bahkan sampai satu tahun, yang dimulai sejak seorang author menyatakan ke-hiatus-annya.

11. YAOI (Shounen-ai): Kisah cinta diantara laki-laki. Lawan dari Yaoi adalah straight (normal). Fanfic yaoi biasanya tidak disukai oleh pencinta straight. Begitu pula sebaliknya.

12. Uke: Istilah dalam Yaoi. Yaitu yang laki-laki bersifat seperti perempuan.

13. Seme: Istilah dalam Yaoi. Yaitu tetap bersifat seperti laki-laki.

14. Fujoshi: Penggemar yaoi. Biasanya seorang fujoshi akut, sangat membenci karakter pasangan sebenarnya di anime. Contoh: pasangan Hitsugaya-Hinamori, seorang fujoshi Hitsugaya kebanyakan membenci Hinamori.

15. YURI (Shoujo-ai): Kebalikan dari yaoi. Yaitu kisah cinta diantara perempuan. Lawan dari yuri adalah straight.

16. Bi-shounen: Tokoh laki-laki yang terlihat manis, cantik, dan lemah lembut.

17. Bi-shoujo: Tokoh perempuan yang terlihat keren, tampan, dan cool.

18. Request: Sebuah permintaan yang ditujukan kepada author untuk menyisipkan tokoh maupun pairing ke dalam fanfic yang tengah dibuat. Request dapat pula berupa permintaan untuk dibuatkan fanfic.

19. Collab-Fic: Fanfic yang dibuat oleh dua author atau lebih.

20. CANON
ini maksudnya semua yang ada di dalam fanfiction ini sejalan dengan manga/anime aslinya. misalkan pairingnya, atau backgroundnya, semua sama seperti yang ada di cerita asli bikinan si mangaka asli dari anime/manga tersebut. gampangnya, misalkan kamu bikin fanfic dengan pairing Minato/Kushina. nah itu CANON karena memang itulah yang sebenarnya terjadi di dunia Naruto yang asli / official. tapi kalo kamu iseng bikin pairing Kankurou/Ino nah, itu nggak CANON soalnya di cerita Naruto yang asli, boro-boro pacaran, dua orang itu aja jarang berinteraksi. gitu.

21. FLUFF
ini artinya fanfic kamu penuh dengan adegan yang manis-manis antara pairingnya. adegan yang biasanya bisa bikin kita tanpa sadar bilang "aaaaw, so sweeet.." gitu sederhananya. hahaha.


inilah istilah-istilah yg digunakan dalam fanfic^^ Thanks udah dibaca Postingannya! Comen yukk!! Kalo mau tanya yang lain silahkan lewat Comenn! ntar aku baless! Ok? Arigatou!

4 comments:

  1. Meaaa......ternyata kamu punya blog, thaa....:D kereeen....blogmu baguuuuuuuuuuuuuuuuuuus deh!

    ReplyDelete
  2. Hola! Ternyata saya ketemu sama author! Kyahaha~ Saya juga author! *nggak ada yang nanya*
    Well...Ini berguna banget! Apalagi saya masih pemula sebagai author! (sebagai reader mah udah sejak beberapa tahun yang lalu atuh!)
    Yang saya sukai Claude, Sebastian, Gin, dan Grimmjow. Yang saya benci banyak (nanti digebukin fansnya lagi) dan saya juga nggak suka yaoi/yuri.

    btw, kalau senpai itu reader di bleach fandom, semestinyha kenal saya. (kalau nggak ya udah). Dan saya dijuluki sebagai queen of cracker (bukan cookies, lho). Kya haha~ Begitulah~

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.